UNTUK JENJANG PROGRAM SARJANA S1

Untuk Jenjang Program Sarjana S1 -PDF Download

  • Date:05 Mar 2020
  • Views:43
  • Downloads:0
  • Pages:37
  • Size:553.04 KB

Share Pdf : Untuk Jenjang Program Sarjana S1

Download and Preview : Untuk Jenjang Program Sarjana S1


Report CopyRight/DMCA Form For : Untuk Jenjang Program Sarjana S1


Description:

menulis proposal penelitian melaksanakan penelitian dan menulis laporan penelitian dapat lebih terarah dan seragam Agar memperoleh keseragaman dalam penulisan maka dirasa perlu adanya Petujuk Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi dan dalam buku pedoman ini disajikan garis garis besar cara penulisan usulan proposal dan

Transcription:

KATA PENGANTAR, Setiap lulusan program studi dilingkungan STMIK DIPANEGARA. ditutuntut untuk dapat menyusun proposal penelitian atau laporan penelitian. dengan baik tak Buku Pedoman Penulisan Proposal Tugas Akhir dan Laporan. Tugas Akhir ini dirasa perlu untuk diterbitkan sebagai pedoman atau petunjuk. bagi mahasiswa di lingkungan STMIK Dipanegara Makassar terutama yang. menempuh program Sarjana S1 sehingga mahasiswa mendapatkan petunjuk. cara menyusun proposal penelitian maupun Skripsi di lingkungan jurusan. Teknik Informatikan S1 dan Sistem Informasi S1 STMIK Dipanegara. Format atau cara menulis proposal atau skripsi yang dipakai di. perguruan tinggi satu dengan yang lain bahkan di bidang ilmu yang sama. seringkali berbeda atau tidak persis sama Buku ini diharapkan dapat. memberikan petunjuk secara umum sehingga tata fikir dalam membuat dan. menulis proposal penelitian melaksanakan penelitian dan menulis laporan. penelitian dapat lebih terarah dan seragam, Agar memperoleh keseragaman dalam penulisan maka dirasa perlu. adanya Petujuk Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi dan dalam buku. pedoman ini disajikan garis garis besar cara penulisan usulan proposal dan. laporan sripsi, Akhir kata mudah mudahan buku ini dapat memberikan manfaat. seperti yang diharapkan,Makassar September 2017,Team Penyusun. DAFTAR ISI,KATA PENGATAR i,DAFTAR ISI ii,BAB I PENDAHULUAN 1.
1 1 Ciri Ciri Skripsi STMIK Dipanegara 1,1 2 Persyaratan Untuk Mengajukan Judul Skripsi 2. 1 3 Persyaratan Penerbitan SK Pembimbing 3,BAB II PROPOSAL SKRIPSI 4. 2 1 Bagian Awal 4,2 2 Bagian Inti 4,2 3 Bagian Akhir 6. 2 4 Struktur Proposal,BAB III SKRIPSI 7,3 1 Bagian Awal 7. 3 2 Bagian Utama 9,3 3 Bagian Akhir 10,3 4 Struktur Skripsi.
BAB IV TATA CARA PENULISAN 12,4 1 Bahan 12,4 2 Format Ketikkan 12. 4 3 Penomoran 13,4 4 Tabel dan Gambar 14,4 5 Kutipan 15. 4 6 Formula Rumus 16,BAB V PENUTUP 18,LMPIRAN LAMPIRAN 19. PENDAHULUAN, Buku panduan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam. menyeragamkan bentuk atau model penulisan sebuah skripsi atau karya ilmiah. yang didasarkan pada sebuah penelitian atau kajian ilmiah Buku pedoman. menyajikan bagian bagian penting dalam penulisan skripsi sebagai acuan bagi. mahasiswa maupun pembimbing skripsi, Skripsi merupakan salah satu persyaratan akademik yang harus dipenuhi.
oleh setiap mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika STMIK. Dipanegara untuk mencapai gelar kesarjanaan S1 Skripsi ditulis berdasarkan hasil. penelitian lapangan dan atau kajian bahan bacaan kepustakaan dengan. menggunakan metodologi yang tepat dan terarah kepada pemecahan masalah. masalah ilmiah,1 1 Ciri Ciri Skripsi STMIK Dipanegara. Ciri skripsi yang diharapkan dari mahasiswa STMIK Dipanegara baik. dari Jurusan Sistem Informasi maupun Jurusan Teknik Informatika adalah. sebagai berikut, a Ruang lingkup materinya adalah di bidang Sistem Informasi Manajemen. Sistem Penjunjang Keputusan dan Sistem Informasi Akuntansi untuk. Jurusan Sistem Informasi dan di bidang Jaringan Sistem Kecerdasan. dan Rekayasa Perangkat Lunak untuk Jurusan Teknik Informatika. Skripsi untuk Jurusan Sistem Informasi meliputi, 1 Secara umum Pengelolaan informasi berdasarkan implementasi. implementasi sistem komputer perekayasaan sistem informasi dengan. implementasi bahasa bahasa pemrograman komputer software. oriented yang mempunyai aplikasi pada bidang manajemen bisnis. dan akuntasi, 2 Secara spesifik Rekayasa perangkat lunak antara lain dapat. menunjukkan atau menyajikan informasi untuk pengambilan. keputusan perencanaan strategik peningkatan pengawasan maupun. untuk menunjang pelaksanaan tugas operasi sehari hari dalam. manajemen organisasi,Skripsi untuk Jurusan Teknik Informatika meliputi.
1 Secara umum Pengelolaan informasi berdasarkan implementasi. implementasi sistem komputer perekayasaan sistem dengan. implementasi bahasa bahasa komputer software oriented yang. mempunyai aplikasi di bidang keteknikan, 2 Secara khusus Rekayasa perangkat lunak yang antara lain dapat. menunjang atau mengembangkan ilmu dan teknologi rekayasa. intelegensi sistem pengaturan robotik simulasi pada industri serta. aplikasi teknologi lainnya, Selain itu kedua bidang dimungkinkan untuk mengambil topik di bidang. komputer sains Untuk materi materi yang menyangkut perangkat keras. komputer hanya dapat diangkat oleh mahasiswa Jurusan teknik. Informatika, b Skripsi ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan atau penelitian. kepustakaan yang pembahasannya diarahkan dalam usaha pemecahan. c Skripsi ditulis bahasa Indonesia yang baku,d Skripsi berbobot 6 SKS. 1 2 Persyaratan Untuk Mengajukan Judul Skripsi,a Telah menyelesaikan sebanyak 127 sks.
b Mengajukan judul proposal lengkap dilengkapi latar belakang masalah. ke jurusan masing masing,c Foto copy transkrip sementara yang terakhir. d Proposal Skripsi dikerjakan oleh maksimal 2 orang usahakan jumlah sks. yang dilulusi seimbang,1 3 Persyaratan Penerbitan SK Pembimbing. a Judul yang telah diajukan ke Jurusan telah di ACC oleh Ketua. Jurusan Ketua Program Studi, b Telah terbitnya Surat Keterangan dari obyek penelitian. c SK pembimbingan hanya berlaku 1 tahun 2 smester,PROPOSAL SKRIPSI. Usulan proposal skripsi terdiri dari atas Bagian Awal Bagian Inti dan Bagian. Akhir dan jumlah halaman maksimum 20,2 1 Bagian Awal.
Bagian awal dari usulan penelitian ini terdiri dari halaman judul dan halaman. persetujuan pembimbing,a Halaman Judul, Contoh halaman judul usulan penelitian dapat dilihat pada lampiran 1. b Halaman Persetujuan Pembimbing, Contoh halaman persetujuan pembimbing dapat dilihat pada lampiran 2. 2 2 Bagian Inti, Bagian inti dari proposal skripsi terdiri dari Latar belakang tujuan dan. manfaat penelitian Landasan teori metodologi penelitian dan jadwal. penelitian,a Latar Belakang, Latar belakang proposal skripsi ditulis dalam satu kesatuan yang pada. dasarnya memuat Perumusan masalah keaslian penelitian dan faedah. yang diharapkan, 1 Perumusan masalah memuat penjelasan mengenai latar belakang dan.
alasan alasan mengapa permasalahan yang diusulkan dalam proposal. dipandang perlu menarik penting dan menarik untuk dibahas. maupun diteliti, 2 Keaslian penelitian dikemukakan dengan menunjukkan bahwa. masalah yang diajukan atau diteliti belum pernah diteliti atau dibahas. oleh peneliti terdahulu atau dinyatakan dengan tegas beda penelitian. yang diajukan dengan penelitian sebelumnya,b Tujuan dan Manfaat Penelitian Perancangan. 1 Tujuan penelitian perancangan diketik tulis secara spesifik tujuan. yang hendak dicapai, 2 Manfaat penelitian perancancan Tulis faedah atau manfaat yang. diharapkan terhadap ilmu pengetahuan bagi masyarakat bagi instansi. dan faedah bagi bangsa dan negara,c Landasan Teori Tinjauan Pustaka. Ditulis tentang fakta fakta diambil dari sumber aslinya yang berkaitan. dengan penulisan proposal penelitian bukan penulisan skripsi lengkap. dengan sumbernya,d Metodologi Penelitian, Metodologi penelitian pada dasarnya memuat jenis penelitian bahan alat.
cara melakukan penelitian dan dugaan sementara hasil penelitian. hipotesis pertanyaan penelitian, 1 Jenis penelitian harus diuraikan dengan jelas apakah penelitian. berjenis penelitian kuantitatif penelitian pustaka atau jenis yang. 2 Bahan atau materi penelitian dapat berwujud sampel dari populasi atau. materi berupa kepustakaan teoritis, 3 Alat penelitian tuliskan dengan rinci dari alat yang dipergunakan. untuk mengolah dan menguji hasil dugaan sementara dapat berupa. rumus formula gambar atau simbol simbol atau alat yang bentuknya. 4 Hipotesis Pertanyaan Penelitian tuliskan dengan jelas dugaan. sementara dari hasil penelitian sementara,e Jadwal Penelitian. Jadwal penelitian memuat urutan kegiatan sebagai berikut. 1 Tahapan tahapan penelitian,2 Rincian kegiatan pada setiap tahapan. 3 Waktu yang diperlukan untuk melakukan setiap tahapan. 4 Sajikan Jalur Kritis dan Slack dengan metode PERT. 5 Sajikan jadwal penelitian dalam bentuk tabel matriks. 2 3 Bagian Akhir, Bagian akhir dari proposal penelitian ini memuat Daftar pustaka dan lampiran.
a Daftar Pustaka memuat pustaka yang dipergunakan dalam penyusunan. proposal usulan penelitian skripsi, b Lampiran berupa keterangan atau informasi dari pelaksanaan penelitian. seperti kuisioner gambar gambar atau tabel tabel penunjang. 2 4 Struktur Proposal,HALAMAN JUDUL lihat lampiran 1. HALAMAN PERSETUJUAN lihat lampiran 2,KATA PENGANTAR. DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL jika ada,DAFTAR GAMBAR jika ada. BAB I PENDAHULUAN,1 1 Latar Belakang,1 2 Rumusan Masalah.
1 3 Batasan Masalah,1 4 Tujuan dan Manfaat Penelitian. 1 5 Sistematika Penulisan,BAB II TINJAUAN PUSTAKA,2 1 Kerangka Pikir. 2 2 Kerangka Teori, 2 3 Rootmap Penelitian Penelitian Terkait jika ada. BAB III METODE PENELITIAN,3 1 Waktu dan Tempat Penelitian. 3 2 Jenis Penelitian,3 3 Sumber Data,3 4 Metode Pengumpulan Data.
3 5 Bahan dan Alat Penelitian,3 6 Metode Pengujian. 3 7 Urutan Kegiatan,3 8 Jadwal Kegiatan,DAFTAR PUSTAKA. LAMPIRAN LAMPIRAN, Skripsi STMIK Dipanegara memuat tiga bagian yaitu Bagian Awal Bagian. Utama isi dan Bagian Akhir Penjelasan lebih rinci adalah sebagai berikut. 3 1 Bagian Awal, Bagian awal mencakup halaman sampul halaman judul halaman pengesahan. halaman persetujuan pembimbing kata pengantar prakata daftar isi daftar. tabel daftar gambar arti lambang simbol dan singkatan dan abstrak. a Halaman Sampul, Halaman sampul memuat judul skripsi maksud penulisan skripsi.
lambang STMIK Dipanegara nama dan nomor pokok stambuk. mahasiswa instansi yang dituju dan tahun penyelesaian skripsi. 1 Judul Skripsi Dibuat sesingkat singkatnya diketik dalam 1 spasi. dalam bentuk piramida terbalik, 2 Maksud Penulisan Skripsi yaitu Untuk memenuhi sebagai syarat. memperoleh derajat sarjana S1 program studi Sistem. Informasi Teknik Informatika, 3 Lambang STMIK Dipanegara berukuran sekitar 6 x 6 cm. 4 Nama Mahasiswa ditulis lengkap tidak boleh disingkat nomor. pokok stambuk ditulis sejajar dengan nama, 5 Instansi yang dituju yang dimaksud adalah Program Studi masing. masing mahasiswa, 6 Tahun penyelesaian skripsi adalah tahun skripsi diselesaikan dan. ditempatkan di bawah Makassar, Contoh secara lengkap dari halaman sampul dapat dilihat pada almpiran.
b Halaman Judul, Halaman judul memuat tulisan yang sama dengan halaman sampul tetapi. diketik diatas kertas putih,c Halaman Persetujuan Pembimbing. Halaman persetujuan pembimbing ini memuat judul skripsi dan nama dan. tanda tangan ke dua pembimbing lihat lampiran,d Halaman Pengesahan. Halaman pengesahan memuat judul skripsi nama tanda tangan semua. penguji termasuk kedua pembimbing lihat lampiran,e Kata Pengantar Prakata. Kata pengantar memuat uraian singkat dari maksud penulisan skripsi. penjelasan penjelasan dan ucapan terima kasih terhadap semua pihak. yang membantu dalam kelancaran penulisan skripsi,f Daftar Isi.
Penulisan daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara. menyeluruh tentang isi skripsi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang. ingin langsung membaca ke topik topik tertentu dari skripsi Di dalam. daftar isi tercantum judul bab sub bab dan sub dari sub bab disertai. dengan halamannya,g Daftar Tabel, Daftar tabel dibuat jika dalam skripsi terdapat tabel yang penulisannya. sama seperti daftar isi,h Daftar Gambar, Daftar gambar dibuat jika dalam skripsi terdapat gambar penulisannya. sesuai dengan urutan bamgar judul gambar dan halaman dimana gambar. tersebut berada,i Arti Lambang Simbol dan Singkatan. Jika dalam skripsi memuat cukup banyak lambang simbol dan singkatan. penulis harus membuat daftar nya dan disertai dengan keterangan arti dari. Abstrak merupakan uraian lengkap secara singkat dari skripsi seperti latar. belakang masalah cara atau metodologi penelitian dan hasil dari. penelitian kesimpulan Abstrak terdiri dari 1 satu alinea dan. panjangnya tidak lebih dari 1 halaman dengan ketikan satu spasi. 3 2 Bagian Utama, Bagian utama dari skripsi memuat bab bab Pendahuluan Tinjauan pustaka. Metode Cara penelitian Hasil Penelitian dan Pembahasan Kesimpulan dan. a Pendahuluan, Bab pendahuluan ini memuat Latar belakang Manfaat dan Tujuan.
penelitian Batasan masalah,b Tinjauan Pustaka, Tinjauan Pustaka memuat Kerangka Pemikiran dan Landasan Teori. Kerangka pemikiran dibuat secara diagram yaitu dimulai dari pola. pemikiran tindakan yang sangat sederhana sampai pada pola. pemikiran tindakan yang modern Sedangkan landasan teori memuat teori. teori dari beberapa ahli yang terkait dengan pembahasan dan hasil. penelitian,c Metode Cara Penelitian, Bab metode penelitian memuat tentang Bahan dan alat Cara kerja dan. Hipotesis Pertanyaan Penelitian, 1 Bahan materi dan alat penelitian harus dinyatakan secara rinci baik. untuk penelitian ataupun untuk implementasinya atau untuk. mensimulasikannya, 2 Cara kerja menjelaskan jalannya penelitian berupa uraian yang lengkap. dan rinci tentang langkah langkah yang diambil pada pelaksanaan. penelitian termasuk cara pengumpulan data, 3 Hipotesis dipakai apabila pengujian penelitian menggunakan uji.
statistik yang berisi dugaan sementara dari hasil penelitian. 4 Pertanyaan Penelitian dipakai jika pengujian dari penelitian tidak. menggunakan uji statistik yang merupakan beberapa pertanyaan. yang harus dijawab seperti yang ada dalam kesimpulan. d Hasil Penelitian dan Pembahasan, Bab ini memuat hasil penelitian dan pembahasan yang sifatnya terpadu. dan tidak terbagi menjadi dua bagian yang terpisah Sedapat mungkin. hasil penelitian disajikan dalam bentuk daftar tabel grafik gambar atau. bentuk lain Setiap hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tabel. grafik atau yang bentuk lain harus diikuti dengan pembahasan yang berisi. tentang penjelasan secara rinci dari hasil penelitian tersebut Sebaiknya. hasil penelitian dapat dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang. e Kesimpulan dan Saran, Bab ini terdiri dari kesimpulan dari hasil penelitian dan saran saran. 1 Kesimpulan merupakan pernyataan singkat yang dijabarkan pada hasil. penelitian dan pembahasan atau jawaban singkat dari. hipotesis pertanyaan penelitian yang diperoleh dari penjabaran hasil. penelitian dan pembahasan, 2 Saran saran dibuat berdasarkan dan pertimbangan penulis yang. ditujukan kepada peneliti dalam bidang sejenis atau saran kepada. instansi tempat penelitian,3 3 Bagian Akhir, Bagian akhir dari skripsi memuat daftar pustaka lampiran dan biografi. a Daftar pustaka disusun secara abjad alfabet dari nama pengarang yang. dikutip terdapat pada tinjauan pustaka, b Lampiran untuk menempatkan data atau keterangan lain yang fungsinya.
untuk melengkapi uraian dari bagian utama skripsi seperti flowchart. listing program cara install program gambar gambar tambahan dan. sebagainya, c Biografi peneliti memuat tentang riwayat hidup penulis seperti nama. tempat dan tanggal lahir riwayat pendidikan dan pengalaman lain dalam. bidang pendidikan,3 4 Struktur Skripsi,HALAMAN JUDUL lihat lampiran 3. HALAMAN PERSETUJUAN lihat lampiran 4,HALAMAN PENGESAHAN lihat lampiran 5. ABSTRAK lihat lampiran 6,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI. DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR,BAB I PENDAHULUAN,1 1 Latar Belakang.
1 2 Rumusan Masalah,1 3 Batasan Masalah,1 4 Tujuan dan Manfaat Penelitian. 1 5 Sistematika Penulisan,BAB II TINJAUAN PUSTAKA,2 1 Kerangka Pikir. 2 2 Kerangka Teori, 2 3 Road map Penelitian Penelitian Terkait jika ada. BAB III METODE PENELITIAN,3 1 Waktu dan Tempat Penelitian. 3 2 Jenis Penelitian,3 3 Sumber Data,3 4 Metode Pengumpulan Data.
3 5 Bahan dan Alat Penelitian,3 6 Metode Pengujian. 3 7 Urutan Kegiatan,3 8 Jadwal Kegiatan,BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN. 4 1 Analsis,4 2 Perancangan,BAB V HASIL DAN PENGUJIAN.

Related Books