Kelas I SMAMASMKMAK Semester 1 Koleksi Terlengkap Buku

Kelas I Smamasmkmak Semester 1 Koleksi Terlengkap Buku -PDF Download

  • Date:19 May 2020
  • Views:11
  • Downloads:0
  • Pages:221
  • Size:4.48 MB

Share Pdf : Kelas I Smamasmkmak Semester 1 Koleksi Terlengkap Buku

Download and Preview : Kelas I Smamasmkmak Semester 1 Koleksi Terlengkap Buku


Report CopyRight/DMCA Form For : Kelas I Smamasmkmak Semester 1 Koleksi Terlengkap Buku


Description:

Untuk SMA MA SMK MAK Kelas XI Semester 1 ISBN 978 602 282 107 6 jilid lengkap ISBN 978 602 282 109 0 jilid 2a 1 Indonesia Sejarah Studi dan Pengajaran I Judul II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 959 8 Kontributor Sardiman AM dan Amurwani Dwi Lestariningsih Penelaah Purnawan Basundoro dan Baha Uddin Penyelia Penerbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang

Transcription:

Hak Cipta 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dilindungi Undang Undang,Milik Negara,Tidak Diperdagangkan. Disklaimer Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi. Kurikulum 2013 Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian. Pendidikan dan Kebudayaan dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013 Buku. ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki diperbaharui dan dimutakhirkan sesuai. dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat. meningkatkan kualitas buku ini,Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejarah Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014. VIII 212 hlm ilus 25 cm,Untuk SMA MA SMK MAK Kelas XI Semester 1. ISBN 978 602 282 107 6 jilid lengkap,ISBN 978 602 282 109 0 jilid 2a. 1 Indonesia Sejarah Studi dan Pengajaran I Judul,II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kontributor Sardiman AM dan Amurwani Dwi Lestariningsih. Penelaah Purnawan Basundoro dan Baha Uddin, Penyelia Penerbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud. Cetakan ke 1 2014,Disusun dengan huruf Frutiger 11 pt. Diproduksi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. ii Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1,Kata Pengantar. Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik. dari sisi pengetahuan keterampilan dan sikap secara utuh Keutuhan tersebut. menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran. sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar. kelompok sikap kompetensi dasar kelompok pengetahuan dan kompetensi. dasar kelompok keterampilan Semua mata pelajaran dirancang mengikuti. rumusan tersebut, Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Kelas XI jenjang Pendidikan. Menengah yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan. tersebut Sejarah Indonesia bukan berisi materi pembelajaran yang dirancang. hanya untuk mengasah kompetensi pengetahuan peserta didik Sejarah. Indonesia adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan. pengetahuan tentang dimensi ruang waktu perjalanan sejarah Indonesia. keterampilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara. konkret dan abstrak serta sikap menghargai jasa para pahlawan yang telah. meletakkan pondasi bangunan negara Indonesia beserta segala bentuk. warisan sejarah baik benda maupun takbenda Sehingga terbentuk pola. pikir peserta didik yang sadar sejarah, Sebagai pelajaran wajib yang harus diambil oleh semua peserta.
didik yang belum tentu berminat dalam bidang sejarah buku ini disusun. menggunakan pendekatan regresif yang lebih populer Melalui pengamatan. terhadap kondisi sosial budaya dan sejumlah warisan sejarah yang bisa. dijumpai saat ini peserta didik diajak mengarungi garis waktu mundur. ke masa lampau saat terjadinya peristiwa yang melandasi terbentuknya. peradaban yang melatar belakangi kondisi sosial budaya dan warisan sejarah. tersebut Pembahasan dilanjutkan dengan peristiwa peristiwa berikutnya. yang menyebabkan berkembang atau menyusutnya peradaban tersebut. sehingga menjadi yang tersisa saat ini,Sejarah Indonesia iii. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik. untuk mencapai kompetensi yang diharapkan Sesuai dengan pendekatan. yang digunakan dalam Kurikulum 2013 peserta didik diajak menjadi berani. untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di. sekitarnya Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap. peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan kegiatan. lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013 2014 telah mendapat. tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan. buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014 2015 dan. seterusnya Walaupun demikian sebagai edisi pertama buku ini sangat. terbuka dan terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan Oleh karena. itu kami mengundang para pembaca memberikan kritik saran dan masukan. untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya Atas kontribusi. tersebut kami mengucapkan terima kasih Mudah mudahan kita dapat. memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka. mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka 2045. Jakarta Januari 2014,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mohammad Nuh,iv Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1. Diunduh dari BSE Mahoni com,Daftar Isi,KATA PENGANTAR iii. DAFTAR ISI v,Antara Kolonialisme dan Imperialisme 1.
A Melacak Perburuan Mutiara dari Timur 6,1 Memahami Motivasi Nafsu dan Kejayaan Barat 7. 2 Menganalisis Petualangan Penjelajahan dan,Penemuan Dunia Baru 9. B Menganalisis Kemaharajaan VOC 21,Menganalisis Keserakahan Kongsi Dagang 22. C Mengevaluasi Penjajahan Pemerintah Hindia Belanda 34. 1 Masa Pemerintahan Republik Bataaf 35,2 Perkembangan Kolonialisme Inggris di Indonesia. 1811 1816 42,3 Dominasi Pemerintahan Kolonial Belanda 46.
Sejarah Indonesia v,Perang Melawan Kolonialisme 62. A Mengevaluasi Perang Melawan Keserakahan Kongsi,Dagang abad ke 16 sampai ke 18 65. 1 Aceh Versus Portugis dan VOC 67,2 Maluku Angkat Senjata 69. 3 Sultan Agung Versus J P Coen 72,4 Perlawanan Banten 74. 5 Perlawanan Goa 77,6 Rakyat Riau Angkat Senjata 80.
7 Orang orang Cina Berontak 82,8 Perlawanan Pangeran Mangkubumi dan Mas Said 83. B Mengevaluasi Perang Melawan Penjajahan Kolonial,Hindia Belanda 89. 1 Perang Tondano 90,2 Pattimura Angkat Senjata 93,3 Perang Padri 96. 4 Perang Diponegoro 104,5 Perlawanan di Bali 111,6 Perang Banjar 115. 7 Aceh Berjihad 121,8 Perang Batak 130,vi Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1.
Membangun Jati Diri Keindonesiaan 138,A Menganalisis Tumbuhnya Ruh Kebangsaan dan. Nasionalisme 143,1 Politik Etis 145,2 Pers Membawa Kemajuan 148. 3 Modernisme dan Reformasi Islam 152,B Menganalisis Perjuangan Organisasi Pergerakan. Kebangsaan 157,1 Organisasi Awal Pergerakan 158,2 Organisasi Keagamaan 166. 3 Organisasi Pemuda 171,4 Organisasi Wanita 172,5 Partai Komunis Indonesia 175.
6 Perhimpunan Indonesia Manifesto Politik 176,7 Taman Siswa 179. 8 Organisasi Buruh 180, C Menganalisis Proses Penguatan Jati Diri Bangsa 183. 1 Menuju Sumpah Pemuda 185,2 Bangkitnya Nasionalisme Modern 190. 3 Perjuangan di Volksraad 194,4 Masa Berakhirnya Pemerintahan Kolonial 199. GLOSARIUM 204,DAFTAR PUSTAKA 208,Sejarah Indonesia vii.
Sumber Indonesia Dalam Arus Sejarah jilid 4 Kolonisasi dan Perlawanan 2012. Gambar Kapal kapal Cina yang sudah biasa berlayar sampai di perairan Nusantara. viii Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1,Antara Kolonialisme dan. Imperialisme, Imperialisme zaman sekarang berbuahkan negeri negeri mandat alias. mandatgebieden daerah daerah pengaruh alias involedssferen dan lain. sebagainya sedang di dalam sifatnya menakhlukkan negeri orang lain imperialisme. itu berbuahkan negeri djajahan koloniasa bezit, H A Notosoetardjo Bung Karno dihadapan Pengadilan Kolonial 1963. K amu sering mendengar kritik bahwa secara politik kita sudah merdeka. tetapi secara ekonomis masih sering dipermainkan oleh kekuatan. ekonomi global Bahkan ada yang secara ekstrim mengatakan kita sudah. merdeka secara politik tetapi masih terjajah di bidang ekonomi Bahkan. beberapa ahli mengatakan tidak hanya terjajah secara ekonomi di Indonesia. juga sedang berkembang imperialisme kebudayaan, Dapat dirasakan bahwa kemandirian dan kekuatan ekonomi Indonesia. masih lemah karena pengaruh kekuatan asing dan hutang luar negeri yang. tidak sedikit Sementara di dalam negeri berbagai penyelewengan di sektor. ekonomi termasuk korupsi masih terus berlangsung Begitu juga kalau. mencermati perkembangan budaya dan gaya hidup sebagian generasi muda. kita yang lebih bangga dan menyenangi budaya dari Barat Contohnya anak. anak dan remaja akan lebih mengenal dan bangga memakan hamburger. dari pada jenis makanan di negeri sendiri misalnya singkong. Mengapa hal itu terjadi Mengapa kemandirian di bidang ekonomi. kita masih lemah Mengapa jati diri di bidang kebudayaan juga kurang. kompetitif Pertanyaan pertanyaan itu menarik untuk kita telaah kemudian. menemukan jawabnya Yang jelas kemandirian ekonomi memang harus. terus diperjuangkan mengingat negeri kita negeri yang begitu kaya Sejarah. Sejarah Indonesia 1, telah mencatat bahwa kekayaan bumi Nusantara yang diibaratkan sebagai.
mutiara dari timur telah menarik perhatian negara lain untuk menjajah dan. menguasai tanah air tercinta Begitu juga jati diri budaya bangsa kita dapat. tergoyahkan Kalau kita renungkan berbagai masalah tersebut berakar dari. berkembangnya kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia sejak abad. ke 17 Nah mulai saat itu kita tidak memiliki kemandirian dan kedaulatan. baik secara ekonomi politik maupun budaya Mencermati uraian dalam. pengantar di atas tentang adanya pandangan bahwa terdapat beberapa. aspek kehidupan bangsa Indonesia yang masih berada di bawah bayang. bayang pengaruh dominasi asing Hal ini mengingatkan kepada kehidupan di. zaman kolonial ketika negeri kita dikuasai bangsa asing baik secara ekonomi. politik dan budaya Pemerintah yang pernah menjajah negeri kita juga tidak. sedikit yang korup dan menanggung hutang Pertanyaannya adalah apakah. realitas kehidupan ekonomi kita saat ini yang masih terlilit utang korupsi dan. dikatakan masih berada di bawah bayang bayang kekuatan ekonomi global. itu merupakan warisan sejarah masa kolonial, Tentu tidak sepenuh tepat Tetapi pertanyaan itu mengingatkan kita pada. konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah Perubahan merupakan. konsep yang sangat penting dalam sejarah Sebab peristiwa itu terjadi pada. hakikatnya karena adanya perubahan Perubahan merupakan pembeda. dari suatu keadaan yang satu dengan keadaan yang lain dari tempat yang. satu dengan tempat yang lain dari waktu yang satu ke waktu yang lain. Misalnya perubahan dari keadaan bangsa yang terjajah menjadi bangsa yang. merdeka setelah terjadi peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 Sekalipun. terjadi peristiwa proklamasi ada aspek aspek tertentu yang tersisa dan masih. berlanjut Sebagai contoh dari peristiwa proklamasi status kita berubah. dari bangsa terjajah menjadi bangsa merdeka tetapi dalam bidang hukum. seperti UU Hukum Pidana masih banyak melanjutkan UU Hukum Pidana. pada zaman Belanda, Begitu juga dalam mengkaji sejarah perkembangan kolonialisme dan. imperialisme tentu ada peristiwa peristiwa atas realitas yang terkait dengan. konsep perubah dan keberlanjutan Nah pada uraian berikut ini kita. akan belajar tentang perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat. serta perlawanan rakyat Indonesia melalui tema antara kolonialisme dan. imperialisme,2 Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1,PETA KONSEP. Antara Kolonialisme dan,Imperialisme,Bermula dari Jatuhnya Konstantinopel 1453. Ekonomi dan perdagangan Eropa merosot,Gold Gospel Glory.
Melacak Perburuan,Mutiara dari Timur,Spanyol X Portugis X Belanda X Inggris. Menganalisis,Kemaharajaan VOC,Mengevaluasi,Pemerintah Penjajahan. Hindia Belanda,Penderitaan dan,Kesengsaraan Rakyat. Sejarah Indonesia 3,TUJUAN PEMBELAJARAN, Setelah mempelajari uraian ini diharapkan kamu dapat. 1 Melacak proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia. 2 Menganalisis kemaharajaanVOC, 3 Mengevaluasi penjajahan Pemerintahan Hindia Belanda.
4 Menyadari bahwa dominasi asing akan merampas kedaulatan dan. hak hak kemanusiaan sebagai bangsa,ARTI PENTING, Mempelajari sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme di. Indonesia merupakan hal sangat penting agar kita mendapatkan pelajaran. dan sekaligus peringatan Mengapa kita sampai dijajah mengapa penjajahan. berlangsung sangat lama apa ada yang salah dengan bangsa kita Jawaban. dari pertanyaan pertanyaan itu akan memberikan pelajaran dan inspirasi. bagaimana kita mengelola negara dan pemerintahan Indonesia dengan. kedaulatan dan kemandirian yang utuh sebagai bangsa yang merdeka. 4 Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1,Sejarah Indonesia. Sumber Iregha Kadireja 2014,Gambar 1 1 Peta penjelajahan samudra. A Melacak Perburuan Mutiara dari Timur,Mengamati Lingkungan. Coba amati baik baik gambar peta di halaman sebelumnya. 1 Kira kira peta tentang apa, 2 Pada peta itu terdapat garis garis kira kira menunjukkan.
Peta tersebut menggambarkan proses kedatangan bangsa bangsa Barat ke. Nusantara Garis menggambarkan proses perjalanan laut bangsa. Portugis Simbol menunjukkan proses perjalanan laut bangsa. Spanyol Simbol menunjukkan kedatangan bangsa Inggris dan. garis menggambarkan proses perjalanan bangsa Belanda menuju. Perlu disadari bahwa Nusantara merupakan kepulauan yang sangat kaya dan. indah Bagaikan mutiara dari timur Nusantara atau Kepulauan Indonesia. memiliki flora dan fauna yang sangat berwarna warni hasil dan persediaan. tambang ada di mana mana begitu juga hasil pertanian dan perkebunan. melimpah dengan hasil rempah rempah yang selalu menggugah selera. Sungguh Tuhan Yang Maha Pemurah telah menganugerahkan bumi Nusantara. yang kaya ini untuk kita semua Oleh karena itu sudah sepantasnya kita. bersyukur atas nikmat Nya dengan menjaga dan melestarikannya Kekayaan. dan keindahan tanah Nusantara itu pula yang menarik dan menggiurkan. bangsa bangsa lain untuk datang Sekarang mereka datang ke Indonesia. ada yang sebagai wisatawan ada sebagai penanam modal ada yang bekerja. seperti konsultan dan lain lain Tetapi dalam perjalanan sejarah Indonesia. kedatangan bangsa bangsa asing di Nusantara yang dimulai abad ke 16. ternyata telah membawa sebuah perubahan besar dengan terjadinya suatu. masa penjajahan bangsa Barat,6 Kelas XI SMA MA SMK MAK Semester 1.

Related Books