BAB IV PEMBAHASAN UMP

Bab Iv Pembahasan Ump-PDF Download

  • Date:22 May 2020
  • Views:2
  • Downloads:0
  • Pages:29
  • Size:571.85 KB

Share Pdf : Bab Iv Pembahasan Ump

Download and Preview : Bab Iv Pembahasan Ump


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Iv Pembahasan Ump


Description:

dalam rentang yang normal yaitu sekitar 2030 x permenit Menurut Ambarwati 2010 h 139 Pada kasus Ny N pernafasan x menit 20 Tidak ada kesenjangan antara teori dan kasus 3 Tinggi badan Menurut manuaba 2010 h 243 menyebutkan bahwa tinggi badan yang normal minimal adalah 145 cm jika kurang dari 145 cm deformitas pada tulang panggul panggul sempit merupakan salah satu penyulit pada

Transcription:

Pekerjaan Ny N adalah swasta yaitu membantu pekerjaan suami. seluruh kebutuhan rumah tangga dipenuhi dari gaji suami tetapi Ny N. selalu rutin melakukan kunjungan ANC dan di dampingi suami Jadi. terdapat kesamaan antara teori dan kasus yang disebutkan oleh. Ambarwati 2010 h 132 status pekerjaan untuk mengetahui dan. mengukur tingkat social ekonominya karena dapat mempengaruhi. dalam gizi pasien dan mempengaruhi frekuensi kunjungan ANC. sehingga dapat mendeteksi komplikasi secara dini, Menurut Ambarwati 2010 h 132 alamat ditanyakan sangat. penting untuk mempermudah kunjungan rumah Pada Ny N alamat rumah. sudah jelas yaitu Tembelang Rt 05 Rw 03 wonosobo sehingga tidak ada. kesenjangan antara teori dan kasus,B Riwayat pasien. a Keluhan utama, Menurut Rustam mochtar 2012 h 31 Keluhan yang sering. muncul pada ibu hamil trimester lll antara lain sering kencing kram pada. kaki varices dan nyeri pinggang Pada kunjungan antenatal trimester lll. pada tanggal 7 april 2014 jam 16 00 WIB Ny N mengatakan nyeri. pinggang Menurut Serri Hutahaean h 45 pada ibu hamil trimester III. terjadi pembesaran payudara dan rotasi anterior panggul yang. memungkinakan untuk terjadinya lordosis dan ibu sering mengalami. nyeri di bagian punggung dan pinggang karena mempertahankan posisi. stabil beban meningkat pada otot punggung dan kolumna vertebrae. sehingga antara kasus Ny N dan teori tidak terdapat kesenjangan. b Riwayat kesehatan, Pada riwayat kesehatan diperlukan untuk mengetahui. kemungkinan adanya riwayat atau penyakit akut maupun kronis seperti. Jantung DM Hipertensi Asma Dari riwayat kesehatan keluarga juga. diperlukan untuk mengetahui kemungkinan adanya pengaruh penyakit. keluarga terhadap gangguan kesehatan pasien dan bayinya apabila ada. penyakit keluarga yang menyertainya Ambarwati 2010 h 133 Pada. kasus Ny N mengatakan bahwa dahulu dan sekarang dirinya maupun. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. keluarga tidak mempunyai riwayat penyakit apapun Sehingga tidak. terdapat kesenjangan antara teori dan kasus pada Ny N. C Riwayat Obstetri,a Riwayat haid,a menarche, usia pertama kali mengalami menstruasi pada wanita.
indonesia umumnya sekitar 12 16 tahun pada kasus Ny N. mengatakan menstruasi pada usia 13 tahun sehingga tidak. terdapat kesenjangan antara teori dan kasus pada Ny N Menurut. Ari sulistyawati 2009 h 113, jarak antara menstruasi yang dialami dengan menstruasi. berikutnya dalam hitungan hari biasanya sekitar 23 32 hari Ari. sulistyawati 2009 h 113 pada kasus Ny S siklus menstruasi. selama 28 hari sehingga tidak terdapat kesenjangan antara teori. dan kasus pada Ny N, Menurut Rustam mochtar 2012 h 39 Hari pertama haid terakhir. sangat penting ditanyakan untuk mengetahui lebih pasti usia. kehamilan ibu dan taksiran persalinan Maka dapat dijabarkan tajsiran. tanggal persalinan memakai rumus Neagle yaitu hari 7 bulan 3 dan. tahun 1 Pada kasus Ny N mengatakan hari pertama haid terakhir. pada tanggal 15 juli 2013 dan diperkirakan tafsiran persalinan pada. tanggal 22 april 2014 Sehingga tidak terdapat kesenjangan antara. teori dan kasus karena Ny N dapat memberikan keterangan yang. jelas mengenai hari pertama haid terakhir sehingga memudahkan. untuk memperkirakan tafsiran persalinan,c Riwayat kehamilan sekarang. Menurut Rustam mochtar 2012 h 38 bahwa pemeriksaan. antenatal bertujuan untuk mengenali dan menangani penyulit. penyulit yang mungkin dijumpai dalam kehamilan persalinan dan. nifas dan mengenali dan mengobati penyakit penyakit yang mungkin. di derita sedini mungkin menurunkan angka morbiditas dan. mortalitas ibu dan anak serta memberikan nasihat nasihat tentang. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. cara hidup sehari hari dan keluarga berencana kehamilan. persalinan dan nifas dan laktasi Pemeriksaan antenatal pertma kali. yang ideal adalah sedini mungkin ketika terlambat haid satu. bulan Pemeriksaan ulang 1x sebulan sampai kehamilan 7. bulan Periksa ulang 2x sebulan sampai kehamilan 9 bulan dan. periksa khusus jika ada keluhan keluhan Pada kasus Ny N. pemeriksaan antenatal pada trimester l trimester ll dan trimester lll. telah sesuai dengan teori karena Ny N rutin memeriksakan. kehamilannya ke tenaga kesehatan Sehinggan tidak terdapat. kesenjangan antara teori dan kasus yang terjadi,d Riwayat perkawinan. Menurut Eny dan Diah 2010 h 133 Dalam riwayat perkawinan. yang perlu dikaji adalah berapa kali menikah status menikah syah. atau tidak karena berkaitan dengan psikologis pada kehamilan dan. persalinan dan nifas Pada kasus Ny N ibu mengatakan menikah. 1x dan sah secara agama dan negara lama perkawinan 1 tahun. sehingga tidak berpengaruh terhadap psikologisnya jadi pada. kasus Ny N tidak ada kesenjangan antara antara teori dan kasus. e Pola kebiasaan sehari hari,a Pola nutrisi,Menurut Rustam mochtar 2012 h 47 pola nutrisi ibu.
hamil diperlukan antara lain untuk pertumbuhan janin plasenta. uterus payudara dan kenaikan metabolisme Sehingga untuk. pengawasan kecukupan gizi ibu hamil dan pertumbuhan. kandungannya dapat diukur berdasarkan kenaikan berat. badannya Kenaikan berat badan rata rata adalah antara 6 5. sampai 16 kg 10 12 kg Kenaikan berat badan yang berlebih. atau turunnya berat badan ibu setelah kehamilan triwulan kedua. haruslah menjadi perhatian Peningkatan berat badan pada. trimester kedua dan ketiga merupakan petunjuk penting. perkembangan janin peningkatan berat badan yang, berhubungan dengan peningkatan risiko melahirkan bayi tumbuh. terlambat sering disebut retardasi pertumbuhan intrauterin. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. intrauterine growth retardation IUGR Selama hamil Ny N. telah mengkonsumsi makanan yang memenuhi gizi terdiri dari. nasi sayur sayuran dan lauk pauk Kenaikan berat badan. pada Ny N selama hamil normal yaitu 14 kg Oleh karena itu. tidak terdapat kesenjangan antara teori dan kasus,b Pola istirahat. Wanita hamil harus mempunyai proide istirahat secara. berkala selama siang hari Tidur siang menguntungkan dan baik. untuk kesehatan Tempat hiburan yang terlalu ramai sesak dan. panas lebih baik dihindari karena dapat menyebabkan jatuh. pingsan Rustam mochtar 2012 h 47 Dalam 1 hari pola. istirahat selama hamil pada Ny N untuk tidur siang selama 1. sampai 2 jam dan tidur malam selam 7 sampai 8 jam sehingga. tidak ada kesenjangan antara teori dan kasus,II Data obyektif. 1 Pemeriksaan fisik, Keadaan umum dikaji untuk mengetahui kesadaran umum klien. apakah pasien terlihat dalam keadaan baik atau tidak Klien dikatakan. dalam keadaan baik apabila klien memperlihatkan respon yang baik. terhadap lingkungan dan orang lain serta secara fisik pasien tidak. mengalami ketergantungan dalam berjalan Pada Ny N keadaan. umumnya baik sehingga tidak terdapat kesenjangan antara teori. dengan kasus,2 Vital sign,Menurut Eny Retna Ambarwati 2009 h 13 139 Untuk.
mengetahui status kesehatan klien tindakan medis dalam vital sign. yang dikaji adalah Tekanan Darah TD nadi N suhu S respirasi. R Ditunjukan untuk mengetahui keadaan ibu berkaitan dengan. kondisi yang dialaminya Menurut Serri Hutahaean h 45 Tekanan. darah pada ibu hamil biasanya normal kecuali bila ada kelainan jika. tekanan darah mencapai 140 90 mmHg atau lebih Peningkatan atau. penurunan tekanan darah masing masing merupakan indikasi. gangguan hipertensi pada kehamilan atau syok peningkatan suhu. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. menunjukan proses infeksi atau dehidrasi Peningkatan deyut nadi. dan frekuensi pernafasan dapat menunjukan syok ansietas dan. dehidrasi Varney 2008 h 693 Pada kasus Ny N tekanan darah. 110 70 mmHg merupakan normal Pada pernafasan harus berada. dalam rentang yang normal yaitu sekitar 20 30 x permenit Menurut. Ambarwati 2010 h 139 Pada kasus Ny N pernafasan 20 x menit. Tidak ada kesenjangan antara teori dan kasus,3 Tinggi badan. Menurut manuaba 2010 h 243 menyebutkan bahwa tinggi. badan yang normal minimal adalah 145 cm jika kurang dari 145 cm. deformitas pada tulang panggul panggul sempit merupakan salah. satu penyulit pada saat persalinan Pada kasus Ny N tinggi badannya. 147 cm sehingga antara kasus dan teori tidak terdapat kesenjangan. Menurut Kusmiyati Y dkk 2010 h 88 Standar minimal untuk. ukuran Lingkar Lengan Atas pada wanita dewasa reproduksi adalah. 23 5 cm Jika ukuran LILA kurang dari 23 5 cm maka interpretainya. adalah kurang Energi Kronis KEK Pada kasus Ny N ukuran LILA. yaitu 22 cm maka ibu tergolong dalam KEK Sehingga terdapat. kesenjangan antara teori dan kasus,5 Status Obstetrikus. Menurut Serri Hutahaean h 180 tujuan pemeriksaan, abdomen adalah untukmenen tukan letak dan presentasi janin. tinggi fundus uteri dan denyut jantung janin Pemeriksaan abdomen. dengan palpasi dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan. Leopold I sampai dengan Leopold IV, Leopold I yaitu pemeriksaan dengan menghadap ke arah wajah. ibu hamil dan menentukan tinggi fundus uteri bagian janin dan. fundus dan konsistensi fundus serta untuk menentukan letak. kepala atau bokong dengan satu tangan di fundus dan tangan lain. di atas simfisis Leopold II yaitu menentukan batas samping rahim. kiri dan kanan menentukan letak punggung janin dan pada letak. lintang untuk menentukan mana kepala janin dan untuk. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. menentukan letak punggung dengan satu tangan menekan di. fundus Leopold III yaitu menentukan bagian terbawah janin. apakah bagian terbawah janin sudah masuk panggul atau masih. bisa digoyangkan Pada leopold IV pemeriksaan menghadap kaki. ibu hamil dan juga menentukan bagian terbawah janin dan. beberapa jauh janin dan jauh janin sudah masuk pintu atas. panggul manuaba 2010 h 118 119 Pada kasus Ny N dilakukan. pemeriksaan abdomen yaitu dengan cara palpasi dari leopold I. sampai dengan leopold IV Pada leopold I yaitu Pemeriksaan. dengan menghadap ke arah wajah ibu hamil dan menentukan. tinggi fundus uteri dan menentukan letak kepala bokong dan. tangan lain di atas simfisis dan didapatkan hasil TFU 30 cm dan. teraba bokong Leopold II yaitu menentukan letak punggung janin. dengan satu tangan menekan di fundus didapatkan hasil. punggung sebelah kiri Leopold III yaitu menentukan terbawah. janin sudah masuk panggul atau masih bisa digoyangkan. didapatkan hasil teraba bagian kepala Dan pada leopold IV. pemeriksaan menghadap kaki ibu hamil dan menentukan bagian. terbawah janin sudah masuk pintu atas panggul atau belum dan. didapatkan hasil teraba kepala sudah masuk panggul divergen. Sehingga tidak terdapat kesenjangan antara teori dan kasus. 2 Payudara, Menurut Manuaba 2010 h 92 perubahan fisologis pada.
kehamilan yang dipengaruhi oleh hormon somatomamotropin yaitu. merangsang pengeluaran kolostrum Payudara mengalami. pertumbuhan dan perkembangan sebagai persiapan memberikan. ASI saat laktasi Perkembangan Payudara tidak dapat dilepaskan. dari pengaruh hormone saat kehamilan yaitu estrogen. progesterone dan somatomamotrofin Pada kasus Ny N kolostrum. sudah keluar pada trimester lll sehingga tidak ada kesenjangan. antara teori dan kasus, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. 3 Detak Jantung Janin DJJ, Denyut jantung janin menunjukan status kesehatan dan posisi janin. terhadap ibu Detak jantung janin bisa di dengar menggunakan. stetoskop leanec atau doppler detak jantung janin normal 120 160 kali. permenit apabila kurang dari 120x menitdisebut brakikardi sedangkan. lebih dari 160x menit dinamakan takikardi dan harus diwaspadi adanya. gawat janin Serri Hutahaean h 184 Pada kasus Ny N detak jantung. janinnya yaitu 146 x menit Sehingga pada kasus Ny N tidak ada. kesenjangan antara teori dan kasus,III Assesment, Berdasarkan data subjektif dan obyektif yang telah didapatkan pada. kasus Ny N maka dapat di tetapkan diagnosa yaitu Ny N umur 21 tahun. G 1 p 0 A 0 umur kehamilan 38 minggu lebih 1 hari Hal yang sama. dinyatakan oleh Wafi 2009 h 90 bahwa assessment merupakan. pendokumentasian hasil analisis dan interpretasi kesimpulan dari data. subjektif dan objektif,IV Planning, Planning yang diberikan pada ibu hamil trimester III yaitu. memberikan penkes tentang tanda bahaya trimester III yang bermasud. untuk mendeteksi secara dini tanda bahaya trimester III jika di alami. dan memberikan pendidikan kesehatan tentang tanda tanda persalinan. dengan tujuan agar ibu mengetahui lebih awal tanda tanda persalinan. Dan beritahu ibu tentang persiapan persalinan dengan tujuan untuk. mempersiapkan segala kebutuhan saat proses persalinan Pada kasus. Ny N perencanaan tindakan pemberian konseling telah sesuai dengan. teori dan tidak terdapat kesenjangan karena pada trimester III sering. disebut sebagai periode penantian kusmiati 2009 Serta menurut. Saefudin 2008 hal 90 98 teori tentang asuhan antenatal care pada. trimester tiga meliputi pemberian vitamin zat bezi persiapan. persalinan mengenali tanda tanda persalinan pemeriksaan keseluruhan. jika ada indikas pemeriksaan dalam jika ada indikasi pemeriksaan. laboratorium jika ada indikasi perencanaan penanganan. komplikasi konseling khusus, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014.
V implementasi, Melakukan asuhan menyuluruh atau tindakan yang tertera pada. planning yaitu memberikan konseling kepada ibu tentang tanda tanda. bahaya pada TM III yaitu Perdarahan pervagina sakit kepala menetap. nyeri perut yang hebat pandangan kabur pergerakan janin berkurang. odema pada wajah dan tungkai demam tinggi ketuban pecah dini. kejang Memberitahukan tentang tanda tanda persalinan yaitu kontraksi. yang semakin sering dan teratur keluar lendir dan darah dari jalan lahir. pecahnya selaput ketuban mulas seperti ingin BAB dan menganjurkan. ibu untuk datang ke fasilitas terdekat atau datang ke puskesmas. maupun BPS bu Novi sewaktu waktu ibu mengalami salah satu tanda. tersebut meberitahukan ibu tentang persiapan persalinan yaitu rencana. ibu akan bersalin diamana dan ditolong siapa ibu ingin di dampingi. siapa ketika bersalin nanti mempersiapkan perlengkapan ibu dan bayi. yang terdiri baju ibu pembalut celana dalam gurita jarit Sedangkan. untuk bayi baju bayi sarung tangan dan kaki topi selimut dan bedong. Persiapkan kendaraan persiapkan dana untuk persalinannya persiapan. calon pendonor darah yang sesuai dengan golongan darah ibu jika. sewaktu waktu diperlukan Dan memberitahu ibu untuk melakukan. kunjungan ulang 1 minggu lagi pada tanggal 14 april 2014 atau segera. apabila ada keluhan,VI Evaluasi, Mengevaluasi keefektifan tindakan yang telah dilaksanakan yaitu ibu. sudah mengerti tentang tanda bahaya TM III ibu sudah mengetahui. persiapan persalinan dan dapat mengulangi kembali konseling yang. telah di jelaskan dan ibu sudah mengetahui jadwal kunjungan ulang. pemeriksaan, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. B PERSALINAN,I Data Subyektif,a keluhan utama, tanda tanda permulaan persalinan yaitu perasaan nyeri di perut. dan di pinggang oleh adanya kontraksi kontraksi lemah uterus. serviks menjadi lembek mulai mendatar pembukaan yang. menyebabkan lendir yang terdapat pada kanalis lepas dan terjadi. perdarahan karena kapiler pembuluh darah pecah sehingga. sekresinya bertambah dan mungkin bercampur darah bloody show. Menurut Rustam Mochtar 2012 h 70 Pada kasus Ny N mengeluh. kenceng kenceng dan sudah mengeluarkan lendir Sehingga. terdapat kesamaan antara teori dan kasus yang terjadi pada Ny N. bahwa telah terdapat tanda tanda permulaan persalinan. II Data Obyektif,a Tekanan darah, Menurut Asrinah dkk 2010 h 36 tekanan darah meningkat.
selama kontraksi uterus dengan kenaikan sistolik rata rata 10 20. mmHg dan kenaikan diastolik rata rata 5 10 mmHg Diantara. kontraksi kontraksi uterus tekanan darah akan turun seperti. sebelum masuk persalinan dan akan naik lagi jika terjadi kontraksi. dan kontraksi dapat menyebabkan metabolisme meningkat yang. mengakibatkan kerja jantung meningkat pula sehingga denyut. jantung meningkat pula sehingga denyut jantung akan meningkat. selama kontraksi Pada kasus Ny N tekanan terjadi peningkatan. sistolik meningkat 10 mmHg Sehingga tidak ada kesenjangan. anatara teori dan kasus pada Ny N,b Perubahan sistem respirasi. Menurut Asrinah dkk 2010 h 36 Pada respirasi dan pernafasan. terjadi kenaikan sedikit dibandingkan dengan sebelum persalinan hal. ini disebabkan karena adanya rasa nyeri kekhawatiran serta. penggunaan teknik pernafasan yang kurang benar Pada kasus Ny N. terjadi peningkatan respirasi dan pernafasan karena adanya rasa. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. nyeri yang dirasakan ibu sehingga terdapat kesamaan antara teori. c Kontraksi uterus, Memantau kontraksi uterus dengan jarum dinding atau jam. tangan untuk memantau kontraksi uterus Dengan meletakan tangan. di atas atas uterus dan palpasi jumlah kontraksi yang terjadi dalam. waktu kurun waktu 10 menit Tentukan durasi lama setiap kontraksi. yang terjadi 2 kontraksi dalam 10 menit dan lama kontraksi adalah 40. detik lebih Dan diantara dua kontraksi akan terjadi relaksasi dinding. uterus Asrinah dkk 2010 h 43 Ny N terjadi kontraksi uterus 2. kontraksi dalam 10 menit karena adanya rasa nyeri yang dirasakan. ibu sehingga terdapat kesamaan antara teori dam kasus. d Pemeriksaan dalam, Menurut varney 2008 h673 679 pemeriksaan dalam dilakukan. untuk mengetahui kemajuan persalinan Perubahan serviks terjadi. akibat peningkatan intensitas kontraksi braxton hicks sehingga. serviks menjadi matang selama periode yang berbeda beda sebelum. persalinan Kematangan serviks mengindikasikan kesiapannya untuk. persalinan Dimana untuk menentukan kemajuan persalinan Pada. kala I dibagi menjadi fase laten dan fase aktif dimana fase laten dari. pembukaan 1cm sampai 4 cm dan fase aktif dari pembukaan 4cm. sampai 10cm Frekuensi pemeriksaan dalam dilakukan sesuai kondisi. wanita dan kemampuan bidan untuk menggunakan parameter. evaluasi kemajuan persalinan dan dilakukan pemeriksaan dalam 4. jam sekali Pada kasus Ny N pemeriksaan dalam pertama dilakukan. pada pukul 16 00wib dengan pembukaan 2 cm dan pukul 20 00 WIB. pembukaan 4 cm dan pukul 00 30 WIB pembukaan yaitu 8 cm dan. jam 02 00 WIB pembukaan 10 cm terlihat tanda dan gejala kala ll. tidak dilakukan pemeriksaan dalam ulang karena kepala sudah. terlihat 5 6 cm di depan vulva Sehingga terdapat kesamaan antara. teori dan kasus, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. III Assesment, Data dasar hasil analisis dan interpretasi dari data subjektif dan.
obyektif yang akan diproses menjadi masalah atau diagnosis Varney. 2006 h 27 Berdasarkan hasil didapatkan pada kasus Ny N maka. dapat di tetapkan diagnosa yaitu Ny N umur 21 tahun G 1 p 0 A 0 umur. kehamilan 39 minggu dalam persalinan kala I fase aktif. IV Planning, Tindakan pada planning yang dilakukan adalah pantau his DJJ. dan kemajuan persalinan di patograf anjurkan ibu untuk miring kiri untuk. mempercepat penurunan kepala dan aliran oksigen ke janin lancar. anjurkan untuk relaksasi diantara 2 kontraksi anjurkan ibu untuk tidak. mengejan sebelum pembukaan lengkap dan berikan nutrisi atau minum. kepada ibu Pada kasus Ny N perencanaan telah seuai dengan asuhan. persalinan normal sehingga tidak ada kesenjangan antara kasus dan. V Implementasi, Melakukan asuhan menyeluruh atau tindakan yang tertera pada. planning yaitu memantau his DJJ dan kemajuan persalinan di patograf. menganjurkan ibu untuk miring kiri lagi untuk mempercepat penurunan. kepala dan aliran oksigen ke janin lancar menganjurkan untuk relaksasi. diantara 2 kontraksi menganjurkan ibu untuk tidak mengejan sebelum. pembukaan lengkap memberikan nutrisi atau minum kepada ibu. VI Evaluasi, Mengevaluasi keefektifan tindakan yang telah dilaksanakan yaitu. His DJJ dan kemajuan persalinan sudah ditulis dalam patograf ibu. sudah miring kiri lagi dan ibu bersedia untuk relaksasi diantara 2. kontraksi serta ibu sudah minum air putih, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. I Data Subyektif,a Keluhan utama, Tanda tanda in partu yaitu rasa nyeri oleh adanya his yang lebih.
kuat sering dan teratur keluar lendir bercampur darah pada. pemeriksaan dalam serviks mendatar dan telah ada pembukaan. Menurut Rustam mochtar 2012 h 70 Pada kasus Ny N mengeluh. seperti ingin BAB kontraksi uterus semakin sering sehingga terdapat. kesamaan antara teori dan kasus bahwa terdapat tanda tanda in. partu kala II,II Data obyektif,a Kontraksi uterus, Menurut Asrinah 2010 h 69 kontraksi uterus selama persalinan. semakin kuat berirama teratur involunter bertambah kuat datang. setiap 2 3 menit dan berlangsung antara 50 100 detik Pada kasus Ny S. terdapat kesamaan antara teori dan kasus yaitu terjadi kontraksi yang. kuat dan berirama teratur,b Inspeksi tanda tanda kala ll. menurut Asrinah 2010 h 77 mengenai tanda tanda kala ll yaitu. dorongan kuat untuk mengejan tekanan pada anus perineum menonjol. vulva dan anus membuka Pada kasus Ny N terlihat adanya dorongan. untuk mengejan tekanan pada anus perineum menonjol vulva. membuka dan kepala sudah terlihat Sehingga tidak ada kesenajngan. antara kasus dan teori,III Assesment, Data dasar hasil analisis dan interpretasi dari data subjektif dan obyektif. yang akan diproses menjadi masalah atau diagnosis Varney 2006 h 27. Berdasarkan hasil didapatkan pada kasus Ny N maka dapat di tetapkan. diagnosa yaitu Ny N umur 21 tahun G 1 p 0 A 0 umur kehamilan 39 minggu. dalam persalinan kala I fase aktif, Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. IV Planning, Tindakan pada planning yang dapat dilakukan yaitu pertolongan.
persalinan kala II yang sesuai dengan asuhan persalinan normal sehingga. pada kasus Ny N terdapat kesesuaian antara praktek dan teori langkah. langkah asuhan persalinan normal,V Implementasi, Melakukan asuhan menyuluruh atau tindakan yang tertera pada. planning yaitu melakukan pertolongan persalinan kala II yaitu Pada. langkah langkah pertolongan persalinan sesuai dengan APN asuhan. persalinan normal terdapat 58 langkah Pada langkah pelaksanaan. pertolongan persalinan kala II yaitu memastikan kelengkapan peralatan. perlengkapan peralatan dilahan terdapat obat obatan partus set dan. heacting set Semua perlengkapan harus dalam Kondisi steril. Anonym 2007 h 76 Sehingga tidak ada kesenjangan antara teori dan. Langkah pertama yaitu beritahu hasil pemeriksaan kepada ibu Hal ini. dinyatakan pada teori bahwa memberikan penjelasan pada setiap. tindakan setiap kali penolong melakukannya merupakan asuhan sayang. ibu untuk memberi rasa nyaman dan tentram Anonym 2007 h 77. Pada perlengkapan pelindung diri di lahan hanya memakai celemek. sandal dan hand scoon pendek Sehingga terdapat kesenjangan antara. teori dan praktik karena keterbatasan alat yang tersedia dilahan Pada. perlengkapan pelindung diri yang sesuai dengan asuhan persalinan. normal yaitu harus memakai celemek yang bersih penutup kepala. masker pelindung mata kaca mata sepatu dan handscoon. Pada langkah selanjutnya yaitu dilakukan pemeriksaan dalam untuk. memastikan pembukaan sudah lengkap dan keadaan janin baik akan. tetapi pada kasus Ny N tidak dilakukan pemeriksaan dalam Karena. kepala bayi sudah terlihat divulva bersama dengan selaput ketuban dan. ketuban pecah secara spontan Sehingga terdapat kesenjangan antara. teori dan kasus Kemudian mengatur posisi ibu senyaman mungkin. pernyataan yang sama ditunjukan pada teori yang menyatakan bahwa. mengatur posisi ibu yang nyaman selama persalinan seprti berdiri. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014. ataupun miring dan merangkak litotomi sangat membantu untuk. kenyamanan ibu saat proses persalinan Pada Ny N yaitu posisi ibu untuk. cara meneran yang baik dengan yaitu dengan posisi setengah duduk. tangan merangkul pergelangan kaki dan cara meneran seperti orang bab. saat ada kontraksi ambil nafas panjang sebelum mengejan serta. meminta ibu untuk tidak mengejan saat tidak ada kontraksi sehingga. tidak ada kesenjangan antara teori dan kasus, Teori yang sama dinyatakan bahwa posisi setengah duduk dapat. memberikan rasa nyaman bagi ibu dan memberikan kemudahan untuk. ibu beristirahat diantara kontraksi Anonim 2007 h 80. Kemudian untuk persiapan pertolongan kelahiran bayi langkah yang. sesuai dengan asuhan persalinan yaitu meletakan handuk bersih untuk. mengeringkan bayi di perut ibu meletakkan kain bersih yang dilipat 1 3. bagian dibawah bokong ibu akan tetapi pada praktiknya dilahan tidak. meletakan handuk kain atau handuk bersih menggunakan under pad. yang diletakkan di bawah bokong ibu dan menggunakan popok bayi untuk. menahan perinium sehingga terdapat kesenjangan antara teori dan. praktik yang seharusnya menggunakan 1 3 kain untuk menahan perinium. tetapi pada praktiknya menggunakan popok bayi Hal ini dikarenakan. penggunaan popok bayi dianggap lebih memudahkan untuk menahan. perineum dan tidak licin Tindakan selanjutnya yaitu melahirkan kepala. bayi mengecek adanya lilitan tali pusat menunggu putar paksi luar dan. melahirkan bahu depan dengan tangan biparietal melahirkan bahu. belakang bahu depan dan menelusuri sampai kaki serta melakukan. penilaian segera pada tangisan bayi gerakan dan warna kulit Setelah. bayi lahir dan dikeringkan lakukan penjepitan dan pemotongan tali pusat. menggunakan klem tali pusat dan penjepit tali pusat Sehingga tidak ada. kesenjangan antara teori dan kasus Pada teori yang sama bahwa. pertolongan pada kala II melindungi perineum dan sisi tangan lain. melindungi kepala bayi bertujuan untuk melindungi defleksi maksimal dan. terjadinya rupture perineum Periksa leher bayi untuk mengecek adanya. lilitan tali pusat jika ada lilitan longgar maka keluarkan lewat kepala bayi. Jika lilitan tali pusat erat maka jepit tali pusat dengan klem pada 2 tempat. Asuhan Kebidanan Komprehensif MAE IRMAWATI Fakultas Ilmu Kesehatan UMP 2014.

Related Books