A HARTA WARISAN DAN AHLI WARIS

A Harta Warisan Dan Ahli Waris-PDF Download

  • Date:16 Feb 2020
  • Views:29
  • Downloads:0
  • Pages:6
  • Size:2.33 MB

Share Pdf : A Harta Warisan Dan Ahli Waris

Download and Preview : A Harta Warisan Dan Ahli Waris


Report CopyRight/DMCA Form For : A Harta Warisan Dan Ahli Waris


Description:

WARISAN DAN WASIAT MENURUT HUKUM PERDATA DI INDONESIA Oleh Kunto Prabowo S H M Kn dan Rima Gravianty Baskoro S H ACIArb A HARTA WARISAN DAN AHLI WARIS Harta warisan adalah harta peninggalan pewaris yang telah meninggal dunia dimana harta warisan ini baru dapat dibuka atau dapat diwariskan kepada ahli

Transcription:

Pada ahli waris ab intestato Golongan ditandatangani oleh pewaris dibolehkan. II berhak atas harta warisan dalam hal tanpa perlu dilengkapi formalitas. Golongan I tidak ada begitu pula formalitas lainnya dengan catatan wasiat. Golongan III berhak atas harta warisan tersebut hanya terkait pakaian perhiasan. dalam hal Golongan 2 tidak ada tertentu dan perkakas rumah Selain. daripada itu maka Pasal 953 Burgerlijk,Wetboek mengamanatkan bahwa wasiat. II Ahli Waris Testamenter atau Ahli yang dibuat harus memenuhi persyaratan. Waris Berdasarkan Wasiat Pewaris formalitas sebagaimana diatur dalam. Undang undang Bila tidak maka surat, Merupakan pihak yang ditunjuk wasiat tersebut terancam batal. sebagai ahli waris oleh pewaris, melalui surat wasiat Wasiat adalah Berikut adalah proses pembuatan surat. suatu pernyataan dari seseorang wasiat,tentang apa yang ia kehendaki apabila. ia meninggal dunia Menurut 1 Wasiat Olografis, bentuknya wasiat terbagi menjadi Wasiat Olografis yang seluruhnya.
a Surat wasiat yang dibuat di ditulis dan ditandatangani oleh pewaris. hadapan notaris dan notaris ini harus dititipkan oleh pewaris. mencatatnya dengan disaksikan kepada Notaris untuk disimpan. oleh dua orang saksi disebut juga Selanjutnya Notaris akan membuat. Openbaar Testamen Pasal 932 akta penitipan dan dengan disaksikan. Burgerlijk Wetboek oleh dua orang saksi akta penitipan. b Surat wasiat yang dibuat sendiri tersebut ditandatangani oleh Notaris. dengan tulisan tangan sendiri pewaris dan para saksi Pada bagian. ditandatangani disimpan dalam bawah Akta harus dijelaskan apakah. amplop dan diserahkan kepada wasiat itu diserahkan secara terbuka. notaris dengan dua orang saksi atau disegel,Pasal 932 Burgerlijk Wetboek. c Testamenter tertutup rahasia 2 Wasiat dengan Akta Umum. Pasal 940 Burgerlijk Wetboek Berdasarkan ketentuan Pasal 938. Burgerlijk Wetboek pembuatan wasiat,dengan akta umum ini harus dibuat di. hadapan Notaris dengan 2 dua orang, B SURAT WASIAT DAN TUGAS saksi Akta tersebut kemudian. NOTARIS ditandatangani oleh pewaris Notaris,dan 2 dua orang saksi tersebut. Ketentuan formil tentang wasiat adalah Notaris harus menulis atau meminta. bahwa surat wasiat harus dibuat tertulis pewaris untuk menulis kehendak. di hadapan Notaris atau pewaris dengan kata kata yang jelas. dititipkan disimpan oleh Notaris menurut apa adanya yang. Berdasarkan ketentuan Pasal 935 disampaikan oleh pewaris kepadanya. Burgerlijk Wetboek apabila terdapat Setelah itu di depan para saksi dan. wasiat yang ditulis diberi tanggal dan pewaris Notaris harus membacakan. Halaman 2 dari 6, wasiat tersebut dan memastikan Sebagaimana diamanatkan oleh.
kepada pewaris bahwa yang ketentuan Pasal 943 Burgerlijk Wetboek. dibacakan itu telah memuat kehendak Notaris yang menyimpan surat surat. si pewaris Wasiat yang berwujud Akta wasiat diantara surat surat aslinya dalam. Notaris tersebut harus ditandatangani bentuk apa pun juga setelah. oleh pewaris Notaris dan para saksi meninggalnya pewaris harus. sebagaimana diamanatkan oleh memberitahukannya kepada orang orang. ketentuan Pasal 939 Burgerlijk yang berkepentingan. Saksi saksi yang hadir pada waktu, 3 Surat Wasiat tertutup pembukaan wasiat harus sudah dewasa. Berdasarkan ketentuan Pasal 940 dan merupakan Warga Negara. BURGERLIJK WETBOEK dalam hal Indonesia Mereka harus mengerti. pewaris membuat surat wasiat tertutup bahasa yang dipergunakan dalam. atau rahasia maka pewaris harus menyusun wasiat itu atau dalam menulis. menyampaikannya dalam keadaan akta penjelasan atau akta penitipan. tertutup dan disegel kepada Notaris Khusus para saksi pada pembuatan. dan dihadapan 4 empat orang saksi wasiat dengan akta terbuka tidak boleh. untuk selanjutnya Notaris akan diambil ahli waris atau penerima hibah. membuat akta atas hal tersebut dan wasiat keluarga sedarah atau semenda. ditandatangani oleh pewaris notaris sampai derajat keempat anak atau cucu. serta para saksi atau pewaris harus keluarga sedarah dalam derajat yang. menerangkan bahwa dalam kertas sama dan pembantu rumah tangga. tersebut tercantum wasiatnya dan Notaris yang menangani pembuatan. bahwa wasiat itu ditulis dan wasiat itu Hal ini sebagaimana diatur. ditandatangani sendiri atau ditulis dalam ketentuan Pasal 944 Burgerlijk. oleh orang lain dan ditandatangani Wetboek,olehnya Wasiat tertutup ini akan tetap. disimpan oleh Notaris yang menerima Meskipun harus mendahulukan kehendak. surat tersebut Setelah pewaris pewaris namun dalam pembuatan. meninggal dunia Notaris harus wasiat Hukum Perdata di. menyampaikan wasiat rahasia atau Indonesia memberikan pembatasan yaitu. tertutup itu ke Balai Harta Peninggalan a Tidak boleh pengangkatan waris atau. dalam daerah warisan itu dibuka hibah wasiat substitusi. Balaih Harta Peninggalan akan fidelcommissaire hal ini. membuka wasiat itu dan membuat sebagaimana diatur dalam ketentuan. berita acara tentang penyampaian dan Pasal 879 Burgerlijk Wetboek. pembukaan wasiat itu serta tentang b Tidak boleh memberikan wasiat. keadaanya kemudian kepada suami istri yang menikah. menyampaikannya kembali kepada tanpa izin, Notaris yang telah menyerahkan c Tidak boleh memberikan wasiat. wasiat tertutup tersebut kepada istri kedua melebihi bagian. yang terbesar yang boleh diterima,Halaman 3 dari 6. istri kedua sebagaimana diatur dalam c dia yang telah menghalangi orang. Pasal 852a Burgerlijk Wetboek yang telah meninggal itu dengan. d Tidak boleh membuat suatu kekerasan atau, ketetapan hibah wasiat yang perbuatan nyata untuk membuat atau.
jumlahnya melebihi hak pewaris menarik kembali wasiatnya. testateur dalam harta persatuan d dia yang telah menggelapkan. e Tidak boleh menghibahwasiatkan memusnahkan atau memalsukan. untuk keuntungan walinya para guru wasiat orang yang. dan imam dokter ahli meninggal itu,penyembuhan ahli obat obatan dan. orang orang lain yang menjalankan Selain itu wasiat juga harus. ilmu penyembuhan yang memperhatikan bagian mutlak legitieme. merawat pewaris selama ia portie dari para ahli waris Para ahli. menderita penyakit yang akhirnya waris yang mempunyai bagian mutlak. menyebabkan ia meninggal para legitieme portie disebut legitimaris. notaris dan saksi saksi dalam Wasiat tidak boleh melanggar bagian. pembuatan wasiat mutlak para legitimaris,f Tidak boleh memberikan wasiat. kepada anak luar kawin melebihi,bagiannya yang telah ditentukan. dalam Pasal 863 Burgerlijk Wetboek C LEGITIEME PORTIE DAN UPAYA. g Tidak boleh memberikan wasiat HUKUMNYA,kepada teman berzina pewaris. Adalah bagian mutlak dari harta, Sedangkan mereka yang dianggap tidak peninggalan yang harus diberikan kepada.
pantas untuk menjadi ahli waris dan ahli waris yang mana si pewaris tidak. demikian tidak mungkin mendapat diboleh melanggar bagian mutlak ini baik. warisan adalah mereka yang melalui hibah wasiat atau wasiat Pasal. sebagaimana disebut dalam Pasal 828 913 Burgerlijk Wetboek Bagian mutlak ini. Burgerlijk Wetboek yaitu merupakan bagian dari warisan yang. a dia yang telah dijatuhi hukuman diberikan oleh Undang undang kepada. karena membunuh atau mencoba ahli waris dalam garis lurus ke bawah dan. membunuh orang yang meninggal ke atas, b dia yang dengan putusan Hakim Pemikiran pembuat undang undang. pernah dipersalahkan karena dengan tentang legitieme portie saat itu adalah. fitnah telah bahwa meskipun pewaris memiliki, mengajukan tuduhan terhadap kebebasan untuk menentukan. pewaris bahwa pewaris pernah kehendaknya terkait warisannya namun. melakukan suatu rasanya tidak tepat jika tidak ada. kejahatan yang diancam dengan perlindungan jatah warisan yang mutlak. hukuman penjara lima tahun atau bagi ahli waris ab intestato selaku ahli. hukuman yang lebih berat lagi waris yang hubungannya paling dekat. dengan pewaris Hal ini juga untuk,Halaman 4 dari 6. mencegah agar tidak mudah 5 Untuk anak di luar perkawinan. mengesampingkan ahli waris ab namun telah diakui dengan sah. intestato Ahli waris ab intestato yang legitieme portie nya adalah seperdua. berhak atas bagian yang dilindungi oleh dari bagian warisan yang menjadi. undang undang disebut dengan haknya berdasarkan undang undang. legitimaris sedangkan bagian waris, yang dilindungi oleh undang undang Dalam hal terjadinya hibah maupun. tersebut dinamakan legitieme portie wasiat yang merugikan bagian legitieme. Dengan demikian jelas bahwa karena portie maka para legitimaris diberikan. legitieme portie tidak boleh diganggu hak untuk menuntut agar mereka tetap. maka pewaris jika ingin memberikan mendapatkan bagian legitieme portie nya. warisannya kepada ahli waris lain diluar yang telah dijamin oleh undang undang. ahli waris ab intestato hanya bisa Undang undang telah memberikan. memberikannya dari bagian warisan yang perlindungan dan jaminan kepada. tersedia beschikbaar yang mana bagian legitimaris untuk memperoleh legitieme. tersebut di luar dari legitieme portie portie dari warisan pewaris Oleh karena. itu berdasarkan ketentuan Pasal 834, Adapun pembagian legitieme portie ini Burgerlijk Wetboek legitimaris yang.
diatur dalam ketentuan Pasal 914 s d terlanggar hak mutlaknya dapat. Pasal 916 Burgerlijk Wetboek dengan melakukan upaya hukum berupa. perincian sebagai berikut pengajuan gugatan perdata ke. 1 jika pewaris hanya pengadilan Gugatan tersebut pada. meninggalkan 1 orang anak intinya bertujuan untuk menuntut supaya. sah maka legitieme portie nya diserahkan apa saja yang dengan alas. adalah setengah dari bagian warisan hak apa pun ada dalam warisan itu. yang menjadi haknya berdasarkan beserta segala penghasilan pendapatan. undang undang dan ganti rugi menurut peraturan, 2 jika meninggalkan dua orang anak peraturan yang berlaku di Indonesia. sah maka legitieme portie nya,adalah dua pertiga dari bagian. warisan yang menjadi haknya,berdasarkan undang undang D PENOLAKAN WARISAN. 3 jika meninggalkan tiga orang anak, sah atau lebih maka legitieme portie Meskipun undang undang mengatur. nya adalah tiga perempat dari bagian pihak pihak yang berhak menerima waris. warisan yang menjadi haknya perlu diingat bahwa penerimaan warisan. berdasarkan undang undang itu sifatnya tidak imperatif Hal ini. 4 Untuk ahli waris dalam garis sebagaimana diatur dalam ketentuan. keatas orang tua kakek nenek Pasal 1045 Burgerlijk Wetboek yang. pewaris besarnya legitieme portie mengatur sebagai berikut. nya adalah selamanya setengah dari, bagian warisan yang menjadi haknya Tiada seorang pun diwajibkan untuk.
menerima warisan yang jatuh ke,berdasarkan undang undang. Halaman 5 dari 6,Undang undang tetap memberikan,kebebasan bagi para ahli waris untuk. menolak warisan namun Pasal 1057,Burgerlijk Wetboek mensyaratkan bahwa. penolakan tersebut harus dinyatakan,dengan tegas dalam suatu pernyataan. yang dibuat di kepaniteraan Pengadilan,Negeri dalam daerah hukum warisan.
tersebut dibuka,Penolakan terhadap warisan ini harus. dilakukan terhadap seluruh harta warisan,yang jatuh kepada si ahli waris yang. menolak tidak bisa dilakukan hanya,terhadap sebagian sebagian harta. warisan saja Hal ini karena pasal 1058,Burgerlijk Wetboek mengatur bahwa. dengan adanya penolakan warisan maka,akibat hukumnya adalah si ahli waris.
yang menolak tersebut dianggap tidak,pernah menjadi ahli waris. Akibat hukum dari penolakan warisan,oleh ahli waris ini adalah. Ahli waris tidak mendapatkan,harta warisan yang seharusnya. menjadi haknya dan,Ahli waris dibebaskan dari,hutang hutang pewaris yang. dibebankan kepadanya Hal ini,sesuai pendapat hukum J.
Satrio S H berjudul Hukum,Waris mengatakan bahwa,warisan adalah kekayaan yang. berupa kompleks aktiva dan,pasiva si pewaris yang,berpindah kepada para ahli. waris Jadi jika seseorang,menerima warisan dari,pewaris maka tidak hanya. hartanya yang ia terima tetapi,ia juga harus memikul utang.

Related Books