Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran

Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran -PDF Download

  • Date:21 May 2020
  • Views:6
  • Downloads:0
  • Pages:110
  • Size:3.42 MB

Share Pdf : Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran

Download and Preview : Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran


Report CopyRight/DMCA Form For : Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran


Description:

Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Pada Peserta Didik SMA Kelas X Semester Ganjil Skripsi Oleh ABEN PUSPITA NPM 1411060241 Jurusan Pendidikan Biologi Pembimbing 1 Dr H Agus Jatmiko M Pd Pembimbing II Ovi Prasetya Winandari M Si FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURURAN UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG 1439H 2018M iii ABSTRAK PENGARUH EKSTRAK DAUN

Transcription:

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMBANG SEPATU Hibiscus rosa sinenses. L SEBAGAI OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti, Sebagai Sumber Belajar Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Pada Peserta Didik. SMA Kelas X Semester Ganjil,ABEN PUSPITA,NPM 1411060241. Jurusan Pendidikan Biologi,Pembimbing 1 Dr H Agus Jatmiko M Pd. Pembimbing II Ovi Prasetya Winandari M Si,FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURURAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN,1439H 2018M, PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMBANG SEPATU Hibiscus rosa sinensis L.
SEBAGAI OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti,Aben Puspita. Indonesia merupakan salah satu Negara beriklim tropis yang memiliki curah. hujan yang cukup tinggi curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan berbagai. masalah kesehatan diantaranya DBD Salah satu cara untuk menurunkan angka. kejadian DBD dengan menggunakan insektisida kimia yang dapat menimbulkan. dampak negatif seperti pencemaran lingkungan keracunan pada manusia serta. resistensi vektor Sehingga dibutuhkan insektisida nabati Salah satunya adalah. dengan menggunakan daun kembang sepatu Hibiscus rosa sinensis L yang. memiliki kandungan seperti Flavonoid Terpenoid dan Saponin yang dapat. menghambat daya tetas telur, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun. kembang sepatu Hibiscus rosa sinensis L sebagai ovisida terhadap nyamuk Aedes. aegypti Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan. Acak Lengap RAL dengan lima kali perlakuan dengan konsentrasi 0 125 0 25. 0 5 1 dan 0 kontrol negatif dan menggunakan 25 telur pada setiap kelompok. dengan lima kali pengulangan pengamatan dilakukan setiap 6 jam sekali selama 72. Analisis data menggunakan Uji homogenitas kemudian di lakukan uji One. Way Anova untuk selanjutnya dilakukan Uji BNT pada taraf 5 untuk menentukan. rata rata perlakuan yang berbeda signifikan, Hasil uji hipotesis menunjukan ekstrak daun kembang sepatu Hibiscus rosa. sinensis L dengan konsentrasi 0 125 0 25 0 5 dan 1 berpengaruh bila. dibandingkan dengan kontrol negatif 0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. ekstrak daun kembang sepatu Hibiscus rosa sinensis L yang paling berpengaruh. sebagai ovisida terhadap nyamuk Aedes aegypti yaitu pada konsentrasi 1. Kata kunci Aedes aegypti Daun kembang sepatu Ovisida. PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMBANG SEPATU Hibiscus rosa sinensis L. SEBAGAI OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti,Aben Puspita. Penggunaan insektisida kimia dalam pencegahan DBD dapat. mencemari lingkungan keracunan pada manusia dan resistensi vektor oleh. karena itulah dibutuhkan insektisida nabati Daun kembang sepatu Hibiscus. rosa sinensis L memiliki kandungan seperti Flavonoid Terpenoid dan. Saponin yang dapat menghambat daya tetas telur nyamuk Aedes aegypti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun. kembang sepatu Hibiscus rosa sinensis L sebagai ovisida terhadap. nyamuk Aedes aegypti Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan. menggunakan Rancangan Acak Lengap RAL dengan lima konsentrasi. yaitu 0 125 0 25 0 5 1 dan 0 kontrol negatif serta lima kali. pengulangan dengan menggunakan 25 telur pada setiap kelompok. pengamatan dilakukan setiap 6 jam sekali selama 72 jam Analisis data. menggunakan Uji One Way Anova Hasil penelitian menunjukan bahwa. ekstrak daun kembang sepatu Hibiscus rosa sinensis L berpengaruh. sebagai ovisida terhadap nyamuk Aedes aegypti dengan konsentrasi yang. paling berpengaruh yaitu pada konsentrasi 1, Kata kunci Aedes aegypti Daun kembang sepatu Ovisida.
Dan Apakah mereka tidak memperhatikan bumi berapakah banyaknya Kami. tumbuhkan di bumi itu berbagai macam tumbuh tumbuhan yang baik. QS Asy Syu araa 7,PERSEMBAHAN, Alhamdulillahirabbil alamin Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala. limpahan rahmat dan hidayah Nya yang senantiasa diberikan kepada penulis. dalam menyelesaikan skripsi ini Penulis mempersembahkan skripsi ini. sebagai bukti dan kasih sayang penulis kepada, 1 Ayahanda Imba Kesuma dan Ibunda Sulista Erlina yang telah. memberi kasih sayang yang tak pernah ternilai oleh sesuatu apapun. dukungan moral spiritual dan material sebagai bukti tanda kasih sayang. 2 Kakakku Andrestu Kesuma dan Adikku M Zen Tri Kesuma yang. selalu memacu semangatku dengan memberikan motivasi inspirasi untuk. diriku agar terus tetap semangat untuk merealisasikan segala keinginan. dan cita citaku di masa depan, 3 Alamamaterku tercinta Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan. Lampung yang telah memberikan pengalaman dan pelajaran berharga. dengan dosen dosen yang profesional dibidangnya dan sahabat sahabatku. yang menjalin kebersamaan dengan suka duka dalam perjalanan dunia. pendidikan yang telah dilalui bersama,RIWAYAT HIDUP. Penulis diberi nama Aben Puspita merupakan anak ke 2 dari Bapak Imba. Kesuma dan Ibu Sulista Erlina yang dilahirkan di Baturaja pada tanggal 4 Januari. Mengenai pendidikan yang pernah penulis tempuh adalah Taman Kanak. kanak di TK IKI PTPN 8 Belambangn Umpu pada tahun 2002 selanjutnya. Sekolah Dasar di SD Negeri 3 Belambangan umpu pada tingkat Sekolah Dasar. penulis lulus pada tahun 2008 setelah itu melanjutkan Sekolah Menengah. Pertama pada tahun 2008 di SMP Negeri 5 Belambangan Umpu selama di SMP. penulis aktif mengikuti ekstrakulikuler Paskibra pernah menjadi bendahara OSIS. di SMP Negeri 5 Belambangan Umpu Pada Sekolah Menengah Pertama penulis. lulus tahun 2011 Kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Atas pada tahun. 2011 di SMA Negeri 1 Belambangan Umpu hingga lulus pada tahun 2014. Selama di SMA penulis aktif mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Pada tahun 2014 penulis melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi di. Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah dan. Keguruan Jurusan Pendidikan Biologi,RIWAYAT HIDUP, Penulis diberi nama Aben Puspita merupakan anak ke 2 dari Bapak.
Imba Kesuma dan Ibu Sulista Erlina yang dilahirkan di Baturaja pada. tanggal 4 Januari 1996, Mengenai pendidikan yang pernah penulis tempuh adalah Taman. Kanak kanak di TK IKI PTPN 8 Belambangn Umpu pada tahun 2002. selanjutnya Sekolah Dasar di SD Negeri 3 Belambangan umpu pada tingkat. Sekolah Dasar penulis lulus pada tahun 2008 setelah itu melanjutkan. Sekolah Menengah Pertama pada tahun 2008 di SMP Negeri 5. Belambangan Umpu selama di SMP penulis aktif mengikuti ekstrakulikuler. Paskibra pernah menjadi bendahara OSIS di SMP Negeri 5 Belambangan. Umpu Pada Sekolah Menengah Pertama penulis lulus tahun 2011. Kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Atas pada tahun 2011 di SMA. Negeri 1 Belambangan Umpu hingga lulus pada tahun 2014 Selama di. SMA penulis aktif mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Pada tahun 2014 penulis melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi di. Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah. dan Keguruan Jurusan Pendidikan Biologi penulis melaksanakan Kuliah. Kerja Nyata KKN di Desa Tri Tunggal Mulya Kecamatan Adiluwih pada. tahun 2017 dan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan PPL di MIN. 1 Bandar Lampung pada tahun 2017,KATA PENGANTAR, Alhamdulillahirobbil alamin puji dan syukur penulis. ucapkan khadirat Allah SWT karena rahmat dan hidayah Nyalah. sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini dengan. baik Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar. Sarjana Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden. Intan Lampung Skripsi yang berjudul PENGARUH EKSTRAK. DAUN KEMBANG SEPATU Hibiscus rosa sinensis L SEBAGAI. OVISIDA TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti Sebagai sumber. belajar Biologi materi pencemaran lingkungan pada peserta didik kelas. X semester ganjil, Shalawat beserta salam semoga dapat tercurah kepada. junjungan besar Nabi Muhamad SAW keluarga sahabat sahabat. beliau yang telah menunjukan jalan serta petunjuk yang benar bagi. umatnya semoga kita semua mendapat syafaatnya di yaumil akhir kelak. amin yarabbal alamin, Penulis sendiri menyadari dengan sepenuhnya bahwa tugas. ini tidaklah berhasil dengan begitu saja tanpa adanya bimbingan. bantuan motivasi serta fasilitas yang diberikan Untuk itu pada. kesempatan ini penulis hanturkan terimakasih setulusnya kepada. 1 Bapak Prof Dr Moh Mukri M Ag selaku Rektor UIN Raden Intan. 2 Bapak Prof Dr H Chairul Anwar M Pd selaku Dekan Fakultas. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung yang telah. memberikan kemudahan dan memfasilitasi penulis dalam mengikuti. pendidikan, 3 Bapak Dr Bambang Sri Anggoro M Pd selaku Ketua Jurusan.
Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden. Intan Lampung yang memberikan dukungan dan kemudahan dalam. proses penyelesaian skripsi ini, 4 Bapak Dr H Agus Jatmiko M Pd selaku pembimbing I yang telah. memberikan arahan dalam menyelesaikan skripsi ini, 5 Ibu Ovi Prasetya Winandari M Si selaku pembimbing II yang telah. bersedia meluangkan waktu untuk membimbing penulis dengan. segenap perhatian kesabaran keikhlasan dan arahan dalam. menyusun skripsi ini, 6 Seluruh Dosen dosen Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan. Keguruan UIN Raden Intan Lampung yang telah memberi ilmu dan. wawasan kepada penulis, 7 Bapak Anif Budiyanto M Si Bapak Yahya S KM M Si dan Ibu. Desy Aisyah M Si selaku Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan. Kesehatan Baturaja Kepala dan Pegawai Laboratorium Entomologi. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Baturaja yang telah. mengizinkan penulis melakukan penelitian dan banyak memberi. arahan serta bantuan selama penelitian yang dilakukan penulis. 8 Rekan rekan seperjuangan angkatan 2014 khususnya kelas Biologi. D yang telah memotivasi dan memberikan warna serta pelajaran. dalam sejarah hidup penulis selama menjadi mahasiswa di UIN. Raden Intan Lampung, 9 Sahabat sahabatku serta teman seperjuangan Titin Satria Mastika.
Nur Putri Diara Yolandara Mela Ardiansyah Anita Septia Ezi dan. Endek Puspita Terimaksih atas segala motivasi dukungan serta. canda tawa sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. 10 Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh penulis. namun telah banyak membantu penulis dalam proses pengerjaan dan. penyelesaian skripsi ini, Semoga kebaikan yang telah diberikan dengan ikhlas dicatat sebagai. amal ibadah di sisi Allah SWT dan semoga skripsi ini dapat. bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan. Bandar Lampung 2018,ABEN PUSPITA,1411060241,DAFTAR ISI. HALAMAN JUDUL i,ABSTRAK ii,HALAMAN PERSETUJUAN iii. HALAMAN PENGESAHAN iv,PERSEMBAHAN vi,RIWAYAT HIDUP vii. KATA PENGANTAR viii,DAFTAR ISI xi,DAFTAR TABEL xiv.
DAFTAR GAMBAR xvi,DAFTAR LAMPIRAN xix,BAB 1 PENDAHULUAN. A Latar Belakang Masalah 1,B Identifikasi Masalah 5. C Pembatasan Masalah 5,D Rumusan Masalah 5,E Tujuan dan Kegunaan Penelitian 6. BAB II LANDASAN TEORI,A Deskripsi Tanaman Kembang Sepatu 7. 1 Klasifikasi Tanaman Kembang Sepatu 8,2 Morfologi Tanaman Kembang Sepatu 9.
3 Kandungan Kimia Kembang Sepatu 11,B Deskripsi Nyamuk Aedes aegypti 13. 1 Klasifikasi Aedes aegypti 14,2 Siklus Hidup Aedes aegypti 15. 3 Morfologi Aedes aegypti 16,C Deskripsi Demam Berdarah Dangue 21. 1 Definisi Demam Berdarah Dangue 21,2 Penyebab Demam Berdarah Dangue 21. 3 Perantara Demam Berdarah Dangue 22,4 Tanda dan Gejala Demam Berdarah Dangue 22.
5 Cara Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dangue 23. D Kerangka Berfikir 24,E Hipotesis Penelitian 25,BAB III METODE PENELITIAN. A Waktu dan Tempat Penelitian 27,B Alat dan Bahan 27. C Desain Penelitian 30,D Cara kerja 31,1 Pembuatan larutan Uji Ekstrak 31. 2 Perolehan Sampel Uji 32,3 Pembuatan Larutan Perlakuan 32. 4 Uji Pengaruh Ekstrak Daun Kembang Sepatu 33,E Analisis Data 34.
F Alur Kerja Penelitian 35,BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. A Hasil peneitian 36,B Analisis data 44,1 Data deskriptif 44. 2 Uji homogenitas 45,3 Uji Anova Satu Arah 45,4 Uji BNT LSD 46.

Related Books